KBRN, Madiun : Satlantas Polres Madiun Kota menerapkan elektronik tilang (e-Tilang) terhadap pelaku pelanggaran lalu lintas. Kasat Lantas Polres Madiun Kota, AKP Budi Cahyono mengatakan, proses penerapannya, ketika pelanggar lalu lintas diberikan surat tilang, data tersebut selanjutnya dimasukkan kedalam aplikasi e-Tilang.

Setelah data masuk, nantinya akan muncul nomor di BRI Virtual Account (BRIVA). Masyarakat yang datanya tertera dalam e-tilang dapat membayar denda sesuai jenis pelanggarannya. Melalui aplikasi tersebut, maka pembayaran denda tidak lagi cash, tetapi secara non tunai.

“Iya non tunai, jadi bisa mempermudah masyarakat,” kata AKP Budi, Jum’at (25/10/2019).

AKP Budi menjelaskan, ketentuan pembayaran sistem e-Tilang tersebut yakni harus dilakukan empat hari sebelum jadwal persidangan. Jika tidak dibayar selama kurun waktu itu, maka pelanggar tidak bisa membayar di bank. Mereka harus menjalani sidang terlebih dahulu di Pengadilan Negeri.

Berdasarkan hasil koordinasinya bersama Dinas Perhubungan, rencananya pemkot akan melakukan pengadaan CCTV untuk e-tilang pada tahun 2020. Sementara kamera pengintai di sejumlah titik jalan yang ada saat ini, dinilai belum maksimal untuk mengambil data pelanggaran.

Sumber: https://rri.co.id/madiun/daerah/738617/satlantas-polres-madiun-kota-mulai-terapkan-e-tilang

Satlantas Polres Madiun Kota Mulai Terapkan e-Tilang

10 Februari 2021, 19:56:19 Dilihat: 311x

Layanan
Rekayasa Perangkat Lunak
Saat ini penggunaan Rekayasa Perangkat Lunak (software) sangat tinggi. Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin canggih, software tidak hanya hadir di perangkat komputer saja tapi juga di smartphone.
Komputer Jaringan
Mengingat akan kebutuhan informasi yang tinggi karena mobilitas masyarakat juga tinggi. Sehingga jaringan komunikasi sangat dibutuhkan untuk menunjang hal tersebut agar informasi bisa tersampaikan dengan tepat dan cepat.
Training
Sumber Daya Manusia (SDM) berperan penting dalam kemajuan teknologi saat ini. Agar teknologi berguna bagi masyarakat secara maksimal maka pelatihan dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut.
Produk Kami
Lihat Produk Kami